KLAIBYAM MA SMA GAMAH TYAKTVO

( JANGAN BIARKAN DIRIMU TERBELENGGU OLEH KEBODOHAN )

 MOTTO

QUALITY THE FIRST

 

Peserta didik yang memiliki bakat dalam bidang akademik tertentu bisa mengikuti klub belajar. Dalam klub belajar akan mendapatkan fasilitas yang lebih dari teman-temannya yang tidak mengikuti klub. Fasilitas tersebut berupa pembinaan oleh alumni, guru, dan pembina khusus klub dari guru bidang studi dan dosen. SMAN 4 Denpasar memiliki 11 klub belajar diantaranya Klub Biologi, Fisika, Matematika, Kimia, Astronomi, Komputer, Ekonomi, Geografi dan Kebumian, Bahasa Inggris,  Bahasa Jerman, dan Klub Bahasa Jepang.

 

 

Rayakan Saraswati ala Foursma

Sabtu (8/3) seluruh umat Hindu di Bali secara serempak mengadakan Hari Raya Saraswati. Tidak terkecuali SMAN 4 Denpasar yang selalu rutin merayakan hari raya ini. Berbagai kegiatan dilaksanakan oleh Foursma, kegiatan apa sajakah itu?

Sabtu pagi ini, siswa-siswi Foursma tidak mengadakan kegiatan belajar mengajar dan mengenakan seragam seperti biasanya. Ya, hal ini dikarenakan Hari Raya Saraswati yang mewajibkan seluruh Umat Hindu untuk ikut sembahyang bersama di sekolah dan mengenakan pakaian adat seperti yang seharusnya.

Sejak pagi halaman Foursma telah diramaikan oleh Foursmaters yang melaju kesana-kemari menuju antrian-antrian di beberapa tempat dimana mereka menunggu gilirannya untuk menghaturkan canang ataupun pejati. Foursmaters terlihat sangat antusias menyambut Hari Raya Saraswati ini.

Sebelum matahari bersinar semakin terik, acara pun dimulai sesuai jadwal yang telah dibuat. Acara dibuka oleh MC yang merupakan salah satu anggota OSIS Foursma yaitu Riska Yunita. Pertama dibuka dengan pengumuman kelas-kelas yang berhasil memeangkan lomba yang diadakan pada hari Jumat (7/3). Lomba kali ini hanya diperuntukkan untuk siswa-siswi kelas XI dan XII dikarenakan siswa-siswi kelas X sebagian besar baru pulang dari study banding yang diadakan sekolah sehingga tidak diadakan lomba bagi mereka.

Setelah pengumuman juara selesai, Foursmaters langsung dihibur oleh Bondres. Dengan lontaran kata-kata serta gaya yang lucu mereka pun berhasil mengundang perhatian dan gelak tawa penonton. Pada akhirnya, Tari Rejang Dewa yang ditarikan beberapa siswi Foursma berhasil menutup acara pembukaan dengan sukses.

Matahari sudah mulai terik, acara utama pun dimulai. Sebelum acara sembahyang bersama, para siswa kelas XII dipersilakan untuk duduk dibagian Penataran Padmasana untuk mawinten terlebih dahulu karena mereka akan menghadapi UN. Setelah itu acara pun dilanjutkan, Foursmaters mulai menyempurnakan sikap untuk bersembahyang sesuai instruksi pemimpin upacara saat itu. Persembahyangan dimulai dengan Tri Sandya lalu dilanjutkan dengan Panca Kramaning Sembah dan diakhiri dengan penunasan tirta dan bija. 

Event Gallery

 
 

Login for update

Home News Rayakan Saraswati ala Foursma