KLAIBYAM MA SMA GAMAH TYAKTVO

( JANGAN BIARKAN DIRIMU TERBELENGGU OLEH KEBODOHAN )

 MOTTO

QUALITY THE FIRST

 

Peserta didik yang memiliki bakat dalam bidang akademik tertentu bisa mengikuti klub belajar. Dalam klub belajar akan mendapatkan fasilitas yang lebih dari teman-temannya yang tidak mengikuti klub. Fasilitas tersebut berupa pembinaan oleh alumni, guru, dan pembina khusus klub dari guru bidang studi dan dosen. SMAN 4 Denpasar memiliki 11 klub belajar diantaranya Klub Biologi, Fisika, Matematika, Kimia, Astronomi, Komputer, Ekonomi, Geografi dan Kebumian, Bahasa Inggris,  Bahasa Jerman, dan Klub Bahasa Jepang.

 

 

Student Exchange Report

 
 

Info PPDB Th.Ajaran 2022/2023

 
 

Wakili Indonesia Dalam WSDC di Turki

Dua Siswa SMAN 4 Denpasar ''The Best Speaker'' I dan IVTAHUN 2013 boleh dikatakan tahun penuh prestasi bagi keluarga besar SMAN 4 (Foursma) Denpasar. Betapa tidak, selain berhasil menorehkan prestasi dalam ujian nasional (UN) 2013 -- sebagai peraih nilai NUN tertinggi tingkat nasional -- pada akhir Januari lalu Foursma kembali memperkuat tim Indonesia dalam World School Debating Championship (WSDC). Dalam ajang debat internasional (WSDC) di Antalya, Turki, 26 Januari lalu, dari empat anggota tim debat Indonesia, dua orang berasal dari SMAN 4 Denpasar. Mereka itu Carrisa Tehputri dan I.A. Pradnya Paramita. Dua anggota lainnya dari SMAK 1 Penabur Jakarta dan SMAN 3 Pontianak. Hasilnya cukup membanggakan, tim Indonesia tampil sebagai the best speaker I dan IV kategori English as Foreign Language (EFL) di antara 23 negara. The best speaker I diraih Carrisa Tehputri dan the best speaker IV disabet I.A. Pradnya Paramita.

"Ini prestasi yang membanggakan. Kami berhasil sebagai tim terbaik kategori EFL. Ini berkat dukungan semua pihak -- Kepala SMAN 4 Denpasar, guru-guru, teman-teman sekolah dan orangtua," ujar Carrisa dan Pradnya Paramita, Selasa (28/5) kemarin.

Kata mereka, persaingan untuk menjadi terbaik sangat ketat dalam lomba debat ini. Bersyukur tim Merah Putih juga mampu tampil gemilang menghadapi pesaing dari negara lain. Pesaing kuat kita adalah tim dari Yunani. Selain Yunani, tim Indonesia sempat berhadapan dengan Turki, Rumania, Bosnia, Malaysia, Ungaria, dan UAE," kata Carrisa.

Prestasi ini diharapkan bisa menjadi motivasi bagi adik-adik kelasnya di Foursma. Dengan sistem regenerasi dan pembinaan yang baik, diharapkan ke depan Foursma selalu bisa tampil terbaik dalam ajang debat, baik di tingkat nasional maupun kembali berhasil memperkuat tim debat Indonesia pada ajang WSDC.

Tak itu saja, Carrisa Tehputri akan mengikuti program Kemenlu RI bertajuk Outstanding Student for The World (OSTW) 2013 di London, UK 1 - 11 Juni 2013. Dalam program kunjungan kerja Kemenlu ke pemerintah atau parlemen Inggris ini, Carrisa Tehputri berhasil lolos seleksi bersama sejumlah siswa dan mahasiswa Indonesia.

Kepala SMAN 4 Denpasar Dr. I Wayan Rika, M.Pd. mengatakan, dengan pembinaan yang matang pada klub-klub mata pelajaran, disertai dengan semangat belajar yang tinggi dari siswa itu sendiri, capaian prestasi yang diraih amat membanggakan, baik dalam UN maupun dalam ajang kompetisi akademik dan non-akademik lainnya. Demikian juga dalam lomba debat.

Seperti diketahui, sebelum mewakili Indonesia dalam WSDC di Turki, tim debat SMAN 4 meraih juara I dalam ajang National Schools Debating Championship (NSDC) di tingkat nasional. Tim debat Foursma yang mewakili Provinsi Bali pada NSDC 30 Juni - 6 Juli 2012 lalu di Jakarta mampu bercokol pada posisi teratas. Tim yang diperkuat Carrisa Tehputri, Mulyawati Moeliono dan I.A. Pradnya Paramita itu mampu mengungguli tim-tim unggulan dari 32 provinsi di Indonesia. Prestasi itu tak hanya ditorehkan dalam tim, para siswa Foursma juga mampu tampil sebagai the best speaker I, II dan IV. Carrisa Tehputri meraih the best speaker I, I.A. Pradnya Paramita the best speaker II dan Mulyawati Moeliono the best speaker IV. Dengan keberhasilan ini tim debat Foursma diseleksi lagi untuk mengikuti WSDC di Antalya, Turki. Akhirnya Carrisa Tehputri dan I.A. Pradnya Paramita lolos seleksi bersama dua siswa lainnya di Indonesia.

SMAN 4 Denpasar tercatat sudah beberapa kali berhasil mengantarkan siswanya bersama siswa dari sekolah lain memperkuat tim debat Indonesia mengikuti WSDC. (ad)(Senin, 29 Mei 2013 | BP)

Event Gallery

 
 

Login for update

Home News Wakili Indonesia Dalam WSDC di Turki