KLAIBYAM MA SMA GAMAH TYAKTVO

( JANGAN BIARKAN DIRIMU TERBELENGGU OLEH KEBODOHAN )

 MOTTO

QUALITY THE FIRST

 

Peserta didik yang memiliki bakat dalam bidang akademik tertentu bisa mengikuti klub belajar. Dalam klub belajar akan mendapatkan fasilitas yang lebih dari teman-temannya yang tidak mengikuti klub. Fasilitas tersebut berupa pembinaan oleh alumni, guru, dan pembina khusus klub dari guru bidang studi dan dosen. SMAN 4 Denpasar memiliki 11 klub belajar diantaranya Klub Biologi, Fisika, Matematika, Kimia, Astronomi, Komputer, Ekonomi, Geografi dan Kebumian, Bahasa Inggris,  Bahasa Jerman, dan Klub Bahasa Jepang.

 

 

Student Exchange Report

 
 

Info PPDB Th.Ajaran 2022/2023

 
 

Saraswati Tenangkan Hati

 

 

 

Saraswati dipercayai sebagai hari turunnya ilmu pengetahuan yang suci kepada umat manusia. Sebagai pelajar, Foursmaters menyambut Hari Raya Saraswati dengan antusias tinggi. Seperti apa saja kegiatannya?

Saniscara Umanis wuku Watugunung (4/10) berlangsung perayaan Hari Raya Saraswati di halaman SMAN 4 Denpasar. Rangkaian acara perayaan Saraswati ini diadakan sehari sebelum perayaan yaitu pada Jumat (3/10) dengan diadakannya lomba-lomba. Diantaranya lomba membuat canang sari dan kwangen, pejati, dan gelungan rejang yang dilaksanakan pada pagi hari. Dan juga lomba membuat penjor dan gebogan yang dilaksanakan pada sore hari.

Semua murid sudah tentu berpartisipasi dalam perayaan Saraswati baik yang beragama Hindu maupun non-Hindu, disinilah sangat terlihat kekeluargaan yang sangat erat di SMAN 4 Denpasar. Peserta lomba wajib mempersiapkan bahan-bahan yang diperlukan sendiri yang secara tidak langsung mengajarkan kepada para siswanya untuk berinteraksi dengan dunia luar seperti pasar. Semua murid terlihat antusias dengan diadakannya lomba ini. 

Malam harinya suasana di SMAN 4 Denpasar terasa sacral dilengkapi dengan nyanyian dari pesantian yang sedang ngayah. Panitia yang bertanggung jawab berlangsungnya perayaan Saraswati ini dengan lancer juga mengaturkan ayah dengan makemit.  

Puncaknya tentu saja pada Hari Raya Saraswati itu sendiri, Foursmaters sudah berada di area sekolah dengan pakaian adat ke pura lengkap dengan sarana persembahyangan. Kegiatan diawali dengan permainan gamelan, lalu dilanjutkan dengan pengumuman lomba. Lomba Gebogan XII IPA 6 sebagai juara 1, XII IPA 3 sebagai juara 2, XII IPA 2 sebagai juara 3. Dalam perlombaan Penjor juara 1 diraih oleh X MIA 3, juara 2 diraih oleh X MIA 1, dan juara 3 diraih oleh X IIS. Perlombaan pejati dimenangkan oleh XII IPA 6 juara 1, XI MIA 2 juara 2, X MIA 7 juara 3. Untuk lomba canang sari dan kwangen juara 1 didapatkan oleh X MIA 1, juara 2 didapatkan oleh XII IPA 5, dan juara 3, didapatkan oleh XII IPA 6. Sedangkan untuk lomba gelungan rejang XI MIA 2 meraih juara pertama, XI MIA 7 meraih juara kedua, dan XI MIA 9 meraih juara ketiga. Dan dilanjutkan dengan penyerahan hadiah bagi para pemenang lomba. 

Perayaan Saraswati kali ini juga dimeriahkan dengan penampilan tari jauk, topeng tua, bondres, dan juga tarian Rejang Dewa. Beberapa diantaranya merupakan ayahan warga SMAN 4 Denpasar baik itu alumnus maupun yang masih sebagai murid. 

Bertepatan dengan Saraswati, bagi kelas X baru juga diadakan upacara pewintenan untuk pembersihan diri dan dapat diandaikan sebagai upacara pembersihan sebelum menuntut ilmu yang suci. Selanjutnya adalah acara persembahyangan bersama. Lalu tidak lupa ciri khas SMAN 4 Denpasar adalah bersih. Maka setelah itu langsung dilaksanakan kegiatan kebersihan bagi murid yang sudah ditugaskan. 

Pada Hari Perayaan Saraswati ini sudah seharusnya kita memulai pembelajaran babak baru dengan semangat yang menggebu. Apalagi setelah perayaan Saraswati ini hati kita menjadi tenang dan siap untuk menuntut ilmu, untuk banggakan Foursma. (Dea)

 

 

 

 

Event Gallery

 
 

Login for update

Home News Saraswati Tenangkan Hati