KLAIBYAM MA SMA GAMAH TYAKTVO

( JANGAN BIARKAN DIRIMU TERBELENGGU OLEH KEBODOHAN )

 MOTTO

QUALITY THE FIRST

 

Peserta didik yang memiliki bakat dalam bidang akademik tertentu bisa mengikuti klub belajar. Dalam klub belajar akan mendapatkan fasilitas yang lebih dari teman-temannya yang tidak mengikuti klub. Fasilitas tersebut berupa pembinaan oleh alumni, guru, dan pembina khusus klub dari guru bidang studi dan dosen. SMAN 4 Denpasar memiliki 11 klub belajar diantaranya Klub Biologi, Fisika, Matematika, Kimia, Astronomi, Komputer, Ekonomi, Geografi dan Kebumian, Bahasa Inggris,  Bahasa Jerman, dan Klub Bahasa Jepang.

 

 

Student Exchange Report

 
 

Info PPDB Th.Ajaran 2022/2023

 
 

Malam Renungan Foursma

Siwa Ratri  “malam siwa” adalah hari suci untuk memohon pengampunan dosa ke hadapan Hyang Widhi Wasa. Hari raya Siwa Ratri juga disebut malam penebusan dosa. Hari raya ini jatuh pada purwaning tilem sasih kepitu. Setiap tahunnya Di SMA N 4 DENPASAR diadakan “Mekemit” yang diikuti oleh seluruh siswa-siswi Foursma yang beragama Hindu.

 

Sembahyang bersama pada pukul 18.00 WITA mengawali perayaan malam siwaratri di SMA Negeri  4 Denpasar, Kamis, 10 Januari 2013 lalu. Persembahyangan berlangsung begitu hikmat di halaman depan sma negeri 4 denpasar. Dharma wacana pada malam tersebut dibawakan oleh ketua PHDI, Dr. Drs. I Gusti Ngurah Sudiana, Msi.  Dalam acara ini, bapak Dr. Drs. I Gusti Ngurah Sudiana, Msi. membawakan dharma wacana tentang perayaan siwaratri. Siswa-siswi yang mengikuti kegiataan makemit juga dipersilakan mengajukan beberapa pertanyaan yang berhubungan dengan materi yang telah disampaikan. Dalam kesempatan ini Bapak Dr. Drs. I Gusti Ngurah Sudiana, Msi. akan menjawab langsung pertanyaan dari para siswa yang berlangsung selama 30 menit.

 

 

 

Berbagai macam perlombaan serangkaian acara siwaratri juga menghiasi acara makemit malam itu. Perlombaan yang berlangsung malam itu diantaranya lomba mesatua bali yang diikuti oleh siswa-siswi kelas X serta lomba makakawin yang disertai oleh siswa-siswi kelas XI dan XII berhasil  mencuri perhatian siswa-siswi untuk menyimak dan menyemangati kelas masing-masing. Menjelang tengah malam, acara bondres  pun ditampilkan. Bondres yang terkesan lucu dan berhasil mengocok perut siswa-siswi peserta makemit ini ditampilkan selama kurang lebih 2 jam. Tepat tengah malam, acara renungan malam pun dimulai. Semua siswa-sisiwi yang mengikuti acara makemit berkumpul di halaman depan. Suasana sunyi menyelimuti malam itu.

 

 

Dipimpin oleh wakasek kurikulum sekaligus guru agama hindu sma negeri 4 denpasar Drs. Ida Bagus Sudirga, siswa diajak untuk melakukan pengaturan nafas serta menyebutkan mantera “om nama siwa ya” Selama beberapa kali dengan tujuan selain untuk memuja dewa siwa juga sebagai penyeimbang spirit dalam diri manusia. Persembahyangan pada tengah malam dilaksanakan setelah acara renungan malam. Dalam persembahyangan ini, siswa melakukan puja tri sandhya serta panca karmaning sembah.

 

Acara puncak telah berlalu. Selanjutnya adalah lomba cerdas cermat yang diikuti oleh perwakilan kelas x dan kelas xi. Selain bertujuan untuk melatih sportifitas, lomba ini juga bertujuan untuk mengasah pengetahuan kita dalam pelajaran agama hindu. Lomba ini disambut antusias oleh siswa-sisiwi. Dengan semangat, mereka bersorak demi nilai yang telah diraih oleh masing-masing kelas.Lomba cerdas cermat berkahir dengan kelas xi ipa 5 sebagai juara 1. Tak terasa, waktu telah menunjukkan pukul 05.00 pagi . acara selanjutnya, dilanjutkan dengan persembahyangan bersama. Yang menunjukan acara siwaratri telah berakhir.

Event Gallery

 
 

Login for update

Home News Malam Renungan Foursma